Rabu, 18 April 2018

Review Asmarandana - Indah Hanaco



Asmarandana
Indah Hanaco
Elexmedia
2018
.
.
.
Hai  mulai hari ini aku akan mulai #obrolinbuku Asmarandana. Buku kedua dari kak @indah_hanaco yang terbit di tahun 2018 ini. Jadi, mari simak blurb-nya 
.
.
Levi Abirama, remaja begitu bahagia karena bisa bersama Jessica yang membuatnya tergila-gila. Cintanya pada perempuan itu begitu bergelora meski usia mereka terpaut jauh. Sepuluh tahun kemudian, Levi hanya bisa termangu karena cinta itu jua yang mengantarkannya menjadi "sandera" Jessica.
.
Lewat sebuah perjalanan, Levi malah tak sengaja mengenal Elana Josefin. Gadis muda yang penuh semangat itu bekerja di sebuah resor di tepi Danau Toba. Pertemuan pertama mereka sudah memberi efek magis yang mengubah dunia Levi dan Elana. Hingga lelaki itu lupa, bahwa dia dan Jessica terikat hubungan terlarang yang takkan mudah diurai.
.
Meski sempat gamang, Levi akhirnya berani mengambil keputusan mengejutkan. Namun sayangnya Jessica tak mau begitu saja melepaskan gigolonya. Melengkapi semua keruwetan itu, Elana sendiri punya rahasia pahit yang takkan pernah ada penawarnya. Apakah semua harus berakhir dengan hati yang luluh lantak?
.
Gimana gimana gimana? Penasaran setelah baca blurb-nya? 樂樂樂
.
.
Aku penasaran banget. Karena Asmarandana punya cerita yang berbeda dari buku-buku Indah Hanaco yang lain.
Dan bagi ku. Isi kepala Levi itu rumit sekali
.
.
3 tokoh utama yang ada dalam Asmarandana :
.
- Levi Abirama Rulin -
.
Begitu nama lengkapnya.
Levi adalah bungsu dari dua bersaudara yang lahir dari ayah seorang warga negara Rusia dan ibu bersuku Sunda.
Ketika kematangan usia telah Levi lalui, fisiknya lebih condong ke arah bule. Ia memiliki tubuh atletis hasil gym. Yang bagi Elana, fisik Levi cukup mirip dengan Mike Vogel, salah satu pendukung di serial Bates Motel.
Kulitnya putih, mata Levi berwarna hazel, merah kecokelatan. Rambutnya cokelat terang, dengan tinggi 180cm, bibir kemerahan yg mirip busur, alis tebal, hidung lancip nan tajam. Bagi Elana, Levi lebih pantas berada di bawah lampu sorot, menjadi model.
Sayangnya, pria itu adalah salah satu karyawan bagian personalia di suatu taman wisata.
.
.
- Jessica Puspamitha -
Usianya jauh di atas Levi. Ia pernah mencicipi karier gemilang sebagai model papan atas Indonesia. Yang kini lebih memilih untuk berbisnis.
Jessica memiliki tinggi 177cm, yang paling menarik dibagian wajahnya adalah bibirnya yang penuh & sensual. Pipi tirus, dagu runcing, mata berukuran sedang dengan pupil berwarna hitam. Hidung berukuran sedang, alisnya rapi & terawat. Rambut panjang bergelombang membingkai wajah Jessica dengan sempurna. Rambut itu selalu dicat, cokelat terang menjadi pilihan warna yang paling sering digunakan.
Hanya ada 1 kata mewakili penampilan Jessica. Cantik.
Hal itu yang membuat Levi remaja begitu mengidolakannya. Saat akhirnya bisa bertatap muka. Ada badai tak kasat mata yang menerjang Levi saat itu.
.
.
- Elana Josefin -
Perempuan itu memiliki alis tebal yang menawan mata & menarik perhatian, dengan sepasang mata sayu, wajah oval, bibir mungil, hidung sedang & lurus, tulang pipi yang tidak istimewa, serta dagu yang agak persegi.
Dan Levi hanya bisa membuat satu kesimpulan, Elana itu cantik.
Satu hal yang baru disadarinya ketika berinteraksi dengan Elana. Bahwa setelah sekian lama, ada perempuan lain selain Jessica yang berhasil mengusik rasa berdebar Levi.
.
Konflik :
.
Dari apa yang ku tangkap. Konflik utama berputar pada keinginan Levi untuk lepas dari sisi Jessica.
.
Bayangkan. 10 tahun menjadi gigolo adalah sesuatu yang bukan bisa dibanggakan.
.
2 tahun terakhir, isi kepala Levi selalu tak bisa diam. Ada banyak kilasan masa lalu yang mendadak datang silih berganti dan menyadarkannya. Bahwa, apa yang sudah dijalaninya selama ini adalah sebuah dosa besar.
.
Kehadiran Elana di sore hari kala itu. Semakin meriuhkan isi kepala Levi. Tekadnya untuk lepas dari Jessica semakin kuat.
.
Kedatangan Edo, sahabat dekatnya sesama sekolah, yang membawa Levi pada dunia gigolo, mengejutkan Levi. Terutama perubahan drastis yang terjadi.
.
Pesan terakhir yang diucapkan Edo semakin membuat Levi tenggelam dengan pemikiran rumitnya.
.
Lalu, kenyataan pahit yang dilontarkan oleh Jessica membuat Levi sangat yakin dengan keputusan yang dibuatnya. Saat kenginan terbesarnya itu akhirnya terucap. Hasilnya tak seperti yang diharapkan.
.
Dan kerumitan yang selalu meriuhkan isi kepala Levi semakin menjadi-jadi
.
.
Setting :
.
.
Ada dua lokasi penting yang ada di dalam Asmarandana.
Yaitu sebuah resort yang menghadap Danau Toba, Bukit Toba Resort dan Bogor, tempat Levi tinggal sejak kecil.
.
Yang paling ditonjolkan adalah pesona Bukit Toba Resort dan pesona Danau Toba dan sekitarnya.
.
Melalui semua penjabaran tentang apa saja yang ada di Bukit Toba Resort, rasanya jadi pengen ke sana juga  astaga. Itu super duper menakjubkan.
.
Terutama mau leyeh-leyeh menghilangkan penat di kolam renang yang berada di area teratas dari Bukit Toba Resort.
Lokasi utama yang menjadikan dada Levi seperti diterjang badai. Berdentum tak terkira. Tapi ternyata, Elana pun merasakan hal yang sama.
.
Pertemuan pertama mereka di sore hari berkabut saat itu. Menghasilkan percikan aneh yang  tak biasa. Kolam renang menjadi tempat perkenalan pertama dan pengakuan kenyataan yang ada.
.
Prolog dan Epilog Asmarandana dimulai dan diakhiri di kolam renang 
.
Terus mau juga merasakan lemang srikaya, mi gomak berbumbu andaliman. Teh hasil kreasi Elana dan semua pesona Bukit Toba Resort.
.
Kalau mau menyendiri merenungi hidup. Sepertinya Bukit atoba Resort bisa jadi alternatif tempat yang top 
.
.
Jadi, Asmarandana ini menceritakan tentang seorang Levi Abirama yg menjadi gigolo dari seorang Jessica.
.
10 tahun ia terikat dalam hubungan itu. Dimana dalam 2 tahun terakhir, Levi merasa gamang dan bertanya-tanya tentang bagaimana kelanjutan hubungan mereka.
.
Pertemuan sore itu di kolam renang Bukit Toba Resort dengan Elana Josefin. Membuka dan membuat Levi semakin mantap untuk lepas dari Jessica.
.
.
Baca Asmarandana ini bikin aku kaget. Pusing. Pening. Rumit. Shock.
.
Banyak banget kejutan yang tidak terduga.
.
Rumit seperti isi kepala Levi yang selalu penuh.
.
Shock sama semua kenyataan yang ada.
.
Intinya rumit banget 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membingungkan

Kacau. Membingungkan. Semuanya membingungkan. Iya. Aku menghadapinya jadi bingung sendiri. Nggak serta merta merasa senang diber...