Rabu, 16 Mei 2018

Review Midnight Prince by Titi Sanaria





Midnight Prince by Titi Sanaria @titisanaria .
.
#mengejakatakatarajata #MidnightPrince #titisanaria #citylite #elexmedia .
.
"Aku yang menggores luka di hatinya, tapi kenapa aku yang merasakan sakitnya?"
.
.
"Menurutku, kamu menyukaiku."
"Menurutku, kamu terlalu percaya diri."
"Aku mengenalmu, Ka. Sebelum sesuatu yang aku nggak tahu itu apa, kamu nyaman denganku."
.
.
Mika sadar, sudah saatnya dia meninggalkan masa-nasa terpuruk dalam hidupnya. Menjalani kehidupan normal selaiknya seorang perempuan dewasa yang bahagia, seperti kata sahabatnya. Menemukan seseorang yang tepat, menjalani hubungan yang serius, kemudian menikah.
.
Lalu Mika bertemu Rajata. Semua nyaris sempurna seperti harapan semua orang untuknya, sebelum sebuah kenyataan menyakitkan menghantamnya telak. Membuatnya perlahan-lahan menghindari laki-laki itu, mengubah haluan menjadi seorang pesimis yang tak percaya pada kekuatan cinta. Dia berusaha mematikan perasaannya tanpa tahu kalau Rajata justru mati-matian memperjuangkannya.
.
Jika dua orang yang sudah tak sejalan bertahan di atas kapal yang nyaris karam, akankah mereka bertahan bersama, atau mencari kapal lain untuk menyelamatkan diri masing-masing?
.
.
"Harapan itu serupa cahaya. Saat dipeluk kegelapan, hanya perlu seberkas cahaya untuk membuatmu merasa baik-baik saja"
.
.



☘ Mika : Perempuan yang berprofesi sebagai dokter ini mendadak merubah watak dan sifatnya karena perubahan hidup yang begitu drastis. Ia menjadi sinis. Penyendiri. Skeptis terhadap hidup. Dan hal lainnya.
Meninggalnya Ayah, Mama yang mengalami masalah kejiwaan dan kejadian yang mengalami Dhesa itulah yang menjadi penyebab berubahnya watak Mika.
Baginya, saat ini ialah tulang punggung keluarga. Baik baginya ataupun Mama.
Ketika ada perasaan berdebar yang datang menghampiri. Mika tak ingin larut begitu saja. Ia harus realistis.
Atap rumah sakit di kala subuh adalah tempat favoritnya mengamati si bintang timur.
.
☘ Rajata : bertemu dengan Mika yang menganggapnya sebagai aktor porno menjadi satu titik balik sendiri bagi Rajata.
Ia tak pernah peduli dengan kehidupan orang lain. Tapi begitu mengenal Mika. Rajata berubah. Ia mengambil shift malam. Merubah ruang jaga menjadi tempat yang nyaman. Dan mengingat makanan favorit Mika.
Mengejar Mika yang berubah setelah tahu siapa dia yang sebenarnya itu ternyata cukup melelahkan.
.
☘ Kinan : sahabat Mika satu-satunya itu hanya berusaha untuk mengajak Mika rehat barang sejenak dari segala kesibukan. Tapi penolakan tak kasat mata dan perubahan sedikit yang terjadi pada Mika. Ternyata cukup mengecewakannya. Walau itu tak bertahan lama setelah segalanya jelas.
.
☘ Dewa : Tunangan Kinan. Bagi Mika. Dewa itu harus dihindari karena akan selalu mengingatkannya tentang Robby.
.
☘ Mama : perubahan kepribadian Mama setelah meninggalnya Ayah membuat Mika seperti tak memiliki seorang pelindung. Mama sibuk dengan dunianya sendiri. Keengganan Mika untuk jujur kepada Mama membuatnya selalu berpikir bahwa Mama yg skrg adalah pribadi yg rapuh. Nyatanya. Setelah sesi konsultasi itu. Ia yg keliru.
.
☘ Dhesa : adik kesayangannya. Penyesalan dalam hidup Mika akan selalu menghantuinya akibat kejadian yang menimpa Dhesa
.
.
Setting tempat : lebih banyak menceritakan situasi dimana Mika dan Rajata bertemu di atap rumah sakit, ruang jaga, IGD, rumah Mika, rumah Kinan, klinik baru tempat Mika kerja, kedai kopi mahal sejuta umat.
.
Setting waktu : tengah malam menjelang subuh dan siang hari ketika Mika kerja di klinik
.
.
Ah, di buku ini tidak susah untuk menemukan quote-quote tersembunyi karena diawal setiap bab sudah disajikan dengan begitu gamblang oleh penulisnya. Hanya tinggal memilih, yang mana quote yang paling menyentil hati 
.
.
Apa yang aku suka dari Midnight Prince :
☘ persahabatan Mika dan Kinan
☘ usaha Mika untuk selalu terlihat baik-baik saja
☘ cara Rajata mendekati Mika
☘ sikap lembut Rajata saat Mika sakit
☘ tingkah konyol Adnan dan segala ucapannya yang menerbitkan kikik geli 
☘ dan perasaan sesak ketika membaca yang berakhir nangis sesegukkan 
.
.
Salah satu quote favorit ku ada di bab 10
.
"Tidak ada yang lebih menyesakkan daripada rasa kecewa kepada diri sendiri. Kupikir aku bisa melindungi diri sendiri dari sakit yang diakibatkan orang lain. Namun ternyata aku gagal. Aku tetaplah perempuan, yang dibentuk dari tulanh, daging, dan sebentuk perasaan"
.
.
"Bicara tentang hati adalah bicara tentang ketidakpastian, keraguan, pengandaian, dan harapan"
.
.
Ini tentang kisah Mika. Dokter umum yang lebih suka mengambil shift malam dan menjaga IGD. Karena kesibukan di dalam IGD yang tak pernah surut itulah yang dinikmatinya.
Ah, lain itu. Shift malam diambilnya sebagai langkah untuk tidak terlihat ataupun terlibat dengan Dokter Lukito, pemilik rumah sakit dimana Mika bekerja.
.
Ini tentang kisah Mika yang berusaha untuk selalu tegar dan menjaga segala hal tetap baik-baik saja. Termasuk perlakuan tak adilnya terhadap perasaannya sendiri.
.
Malam itu, ketika ia tak sengaja terlelap dan terbangun kaget karena suara seseorang. Mika tahu bahwa malam-malam kesendiriannya di atas atap rumah sakit sembari menanti bintang timur tak akan pernah sama lagi.
.
Rajata. Yang dikemudian hari ia ketahui sebagai salah satu dokter di rumah sakit itu juga. Yang juga anak dari dokter Lukito. Yang ternyata adalah kakak dari Robby. Laki-laki yang membuat Dhesa pergi untuk selamanya dari hidupnya. Perlahan mulai hadir dalam kesehariannya.
Perlakuan lembut dan segala hal yang dilakukan Rajata akhirnya berhasil membuat Mika merasakan perasaan berdebar itu.
.
Tetapi, kenyataan yang dihadapi tak seindah harapan. Mika berada dalam pilihan untuk bertahan atau melepaskan.
.
.
Ah, suka. Itu aja intinya . Banyak pelajaran dalam buku ini. Berhasil bikin nangis sesegukkan bagi si hati rapuh ini 
.
.
TIGA
"Ada orang yang keberadaannya mengingatkan kita pada bintang di langit. Kehadirannya mencerahkan malam. Dan layaknya bintang, dia hanya bisa dipandangi, karena menggapainya terasa mustahil."
.
.
EMPAT BELAS
"Perpisahan adalah perpisahan, tidak peduli sebaik apa pun cara yang dilakukan. Itu adalah memberi jarak antara masa lalu dan masa kini. Karena kenangan hanya akan memberi langkah untuk menyongsong masa depan."
.
.
LIMA BELAS
"Berharap terkadang seperti membangun istana pasir yang terlihat indah hanya sampai ketika gelombang datang menggulung dan meratakannya sampai tak berbekas."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membingungkan

Kacau. Membingungkan. Semuanya membingungkan. Iya. Aku menghadapinya jadi bingung sendiri. Nggak serta merta merasa senang diber...